kumpulan contoh naskah teks pidato singkat, pendidikan, bahasa Indonesia Inggris

Contoh Pidato Singkat Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus

Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus dilakukan oleh segenap Bangsa Indonesia melalui berbagai macam cara. Salah satunya lomba pidato tentang peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dibawakan oleh siswa. 

Pidato peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus tentu diharuskan melakukan berbagai persiapan, dari kostum, suara, hingga naskah pidato. Tanpa persiapan tentu akan membuat pidato menjadi tidak berjalan dengan baik bahkan kacau balau.

Nah, bagi siswa yang memerlukan naskah pidato singkat tentang hari kemerdekaan RI maka bisa melihat contoh pidato singkat berikut ini :

contoh pidato singkat peringatan HUT kemerdekaan RI 17 Agustus

Contoh Pidato Singkat Peringatan HUT Kemerdekaan RI


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakkatuh,

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah,
Yang saya hormati Bapak, Ibu Guru dan para Staff dan Karyawan Sekolah,
Tidak lupa pula teman teman yang saya sayangi

Pertama tama, Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi rahmat, nikmat, taufik, hidayah dan inayahNYA kepada kita semua sehingga kita bisa bertemu dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dengan teriring salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar MUHAMMAD SAW. Nabi pemimpin umat yang menyelamatkan manusia dari zaman jahiliyah yang penuh dengan kegelapan hingga menuju zaman islamiyah yang terang benderang. Semoga kita semua mendapatkan syafa'atul husnah di akhir zaman nanti.. Amin Ya Roball Alamin.

Teman teman yang saya sayangi,
Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus ....  kita memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-..... , Kita boleh dengan bebas dan bangga merayakan kemerdekaan kita. Namun ingatlah perjuangan para Pahlawan yang dengan jiwa patriotisnya memperjuangkan kemerdekaan negara kita.

Kini kita sudah merdeka, kita sudah bebas dari cengkraman tangan dingin penjajah, Namun apakah kita hanya bisa bersenang-senang dan melupakan cucuran peluh, air mata dan darah di kala itu ? Tentu tidak bukan ??

Karena itulah melalui momentum peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini kita jadikan semangat untuk ikut berjuang membangun bangsa dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme yang telah dimiliki para pendahulu kita. Kita harus meningkatkan semangat belajar, belajar dan belajar demi membangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mandiri, bangsa yang bisa duduk sejajar dan berdampingan dengan negara-negara maju serta menjadi bangsa yang makmur dan  mampu mensejahterakan rakyatnya.

Untuk itu marilah kita menjadi generasi yang tidak cengeng, tidak hanya berpangku tangan, untuk berjuang menatap ke depan menyongsong kemakmuran rakyat dan negara. Generasi sekarang harus mengambil contoh dan hikmah serta sikap pejuang dahulu, Sikap yang patriotisme, sikap yang pantang menyerah, sikap berjuang demi negara.

Janganlah menjadi generasi yang suka santai, pandai mengeluh, hura-hura, dan tidak beretika. Bila semua itu terjadi maka keinginan mewujudkan negara yang besar dan maju hanya akan menjadi isapan jempol belaka. Bahkan bukan tidak mungkin Negara akan hancur bila generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti luhur serta semangat hidup bergotong-royong membangun bangsa.

Semangat nasionalisme generasi muda juga sangatlah penting, Dengan adanya semangat tersebut kita dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang Suku, Ras dan Agama. Jadikan keragaman ini sebagai sumber kekuatan bangsa, Sudah bukan zamannya untuk membeda-bedakan antara golongan yang satu dengan golongan yang lain. Sikap membeda-bedakan akan menjadi bom waktu yang setiap saat dapat meledakkan bangsa dan negara ini menjadi berkeping-keping.

Teman-teman yang saya sayangi...

Dengan semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat sebagai sumber kekuatan bangsa, kita dapat membangun bangsa dan negara, kita dapat hidup sejajar dengan negara maju. Oleh sebab itu, kita tidak boleh tercerai berai, tidak boleh berdiam diri, tidak boleh berputus asa dalam menghadapi kenyataan seperti itu. Kita harus bangkit, bersemangat untuk melakukan perubahan Bangsa menjadi bangsa yang sejahtera. Saya yakin, Kita semua tidak ingin menjadi bangsa yang terpuruk dan terbelakang. Saya yakin kita semua bisa melakukannya dengan sangat baik ! Karena generasi saat ini menjadi penompang bangsa indonesia, dan memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Akhir kata... Yakinlah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta ini.

Selamat berjuang, Tetap semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang terbaik.

Merdekaa !!
Merdekaa !!

Wassalammua'laikum Warrahmatullahi Wabarrakkaatuhh,

baca juga : Contoh Pidato Singkat Hari Sumpah Pemuda

Demikianlah contoh pidato singkat peringatan hari kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus,  semoga dapat memberikan manfaat.


0 Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus"

Terimakasih atas kunjungan Anda, saran dan kritik sangat diharapkan, Mohon maaf untuk komentar spam tidak akan saya publish

Back To Top